Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools

Dengan adanya listrik dan motor sehingga alat pertukangan manual dapat di upgrade supaya lebih efisien. Yup kebanyakan power tools sebenarnya merupakan alat pertukangan manual atau hand tools yang diberi mesin. Gergaji, bor, router, pahat hingga gerinda jadi lebih cepat membantu pekerjaan setelah berubah menjadi power tools.

Dari industri hingga rumah, power tools merupakan alat yang cukup familiar bagi kita. Meski hanya berkategori usaha kecil seperti bengkel UKM minimal harus punya salah satu power tools. Meskipun power tools sudah lebih efisien dibandingkan perkakas manual keakuratannya tetap tergantung SDM yang menggunakannya. Agar keakuratan pekerjaan lebih memadai biasanya power tools dilengkapi berbagai fitur atau jig yang sudah tersedia atau bikinan sendiri.

Lihat Juga : Alat manual apa saja yang kamu butuhkan buat jadi tukang kayu?

Power tools terdiri dari berbagai tipe mulai dari yang menggunakan motor, internal combustion hingga udara. Sumber energinya bisa berasal dari listrik dengan kabel, bahan bakar umum, atau batre. Kebanyakan power tools cukup berisik dan dapat menghasilkan kebisingan lebih dari 85dB sehingga penggunaannya dianjurkan sambil mengenakan penutup telinga. Hampir keseluruhan perkakas manual sudah ada jenis power toolsnya berikut ini beberapa contoh power tools yang mungkin jadi pertimbangan untuk anda miliki jika memiliki bengkel:

Hand Drill

Bor Tangan (Hand Drill). Alat ini mungkin power tools yang paling awam kita temui dimanapun termasuk dirumah yang berfungsi utama untuk membuat lobang. Bor tangan sendiri punya banyak jenis sesuai peruntukannya, tapi kebiasaan kebanyakan dari kita menggunakan satu bor untuk hampir semua pekerjaan. Di pasaran, bor tangan tersedia dengan kabel, batre atau yang disambungkan pada kompresor. Mata bor secara umum tersedia untuk kayu, tembok dan besi.

Lihat Juga : Beli bor aja bingung, coba cek ini dulu

Circular Saw

Circular SawBahasa tukangnya Sirkel, merupakan alat yang digunakan untuk memotong material, Circular Saw juga sangat banyak jenis dan ukurannya. Mata Circular Saw biasanya tersedia untuk memotong material kayu, besi dan keramik. Salah satu yang awam dilakukan oleh tukang-tukang kita adalah merubah Circular Saw menjadi Table Saw untuk pekerjaan-pekerjaan pembuatan furniture berbahan kayu lapis. Hasil potongan dari Circular Saw masih harus di perhalus baik dengan ketam manual atau amplas. Mesin ini termasuk mesin yang menggunakan listrik yang cukup banyak kecuali Circular Saw untuk keramik yang ukurannya lebih kecil.

Lihat Juga : Bingung pilih merk power tools? Liat dulu reviewnya disini

Hand Planer

Mesin Serut/Ketam Mesin (Hand Planer). Mesin Ketam Mesin merupakan salah satu mesin yang cukup berisik baik dari suara mesinnya sendiri atau saat mesin ini bekerja menyerut kayu. Pengerjaan furniture dari kayu solid atau pembuatan pintu, kusen dan lainnya sering kali melibatkan mesin yang satu ini. Penggunaan mesin ini memerlukan pengalaman atau jam terbang tertentu dari usernya.

Hand Grinder.jpg

Gerinda Tangan (Hand Grinder). Gerinda tangan dapat digunakan untuk material kayu, besi dan lainnya. Gerinda tangan normalnya digunakan untuk menghaluskan material tertentu, selain itu gerinda juga dapat digunakan untuk memotong dan mengkilapkan permukaan material tertentu. Mata gerinda jenisnya tergantung fungsinya masing-masing, mulai dari yang fungsinya sebagai ampelas, batu atau resibon, hingga kain untuk polishing.

Heat Gun

Heat GunDidalam dunia pertukangan, heat gun sering digunakan untuk mengelupas cat, mengeringkan kayu atau bambu, membengkokkan material seperti kayu, plastik dan bambu, mengkerutkan plastik pembungkus atau plastik vakuum dan lain sebagainya. Bentuk dan cara kerja heat gun mirip dengan hair dryer, air yang ditiupkan melalui elemen pemanas akan mengeluarkan panas. Heat gun menghasilkan panas antara 100°C hingga 760°C tergantung jenisnya. Heat gun juga familiar bagi model maker yang biasa menggunakan automotive clay.

Jig Saw

Jig SawGergaji dengan mata kecil yang gerakannya maju mundur atau keatas dan kebawah ini biasanya digunakan untuk mendapatkan potongan dengan lengkungan yang jauh lebih kecil. Untuk mendapatkan potongan yang rapih, biasanya menggunakan jig saw disertai dengan mal. Mata gergaji jig saw yang kecil dengan penggunaan yang intense sering kali mengalami aus, tumpul dan atau patah. Penggunaan jig saw dianjurkan pada material yang tipis karna mata jig saw tipis juga sering kali tidak cukup akurat untuk potongan yang lurus pada material yang tebal. Penggunaan jig saw pada pekerjaan yang free style dan seni cukup banyak membantu.

Lihat Juga : CNC dan Milling bukan untuk orang awam?

Nail Gun

Nail GunDibandingkan harus memalu, nail gun memberikan efisiensi pekerjaan memaku lebih cepat. Sering digunakan pada pertukangan seperti pembuatan sofa, atau furniture lainnya yang menggunakan kayu lapis, biasanya nail gun yang digunakan mengandalkan kompresor. Namun demikian saat ini sudah banyak pula nail gun yang cordless. Alat ini menembakkan paku yang disusun pada magazinenya sehingga user tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga untuk memukul.

Hand Sander.jpg

Hand SanderSebelum permukaan material dapat difinishing sebaiknya permukaan tersebut sudah dalam kondisi yang halus dan tidak terdapat kotoran lagi sehingga hasil finishing pun bisa maksimal, hand sander yang merupakan alat yang merevolusi pekerjaan amplas dapat mempermudah pengerjaan penghalusan ini. Hand sander ada yang bekerja maju mundur dan bergetar ada pula yang memutar dan disebut orbital sander. Hand sander biasanya digunakan untuk memaksimalkan hasil ketam mesin agar permukaan lebih halus pada permukaan yang sedang hingga luas.

Hand Router

Hand RouterMembuat profil atau sambungan kayu dengan router menjadi cukup mudah dan presisi. Alat yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi yang dapat dikembangkan oleh penggunanya. Dengan cara kerja yang mirip dengan bor tapi memiliki rpm yang lebih tinggi, router merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh bengkel perkayuan. Selain membuat profil, router juga sering digunakan untuk memotong atau membuat lobang dengan uluran yang lebih besar dan tidak terjangkau oleh bor.

Lihat Juga : Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya!

tuner.jpg

Tuner.  Anda termasuk user yang sering mengerjakan objek kecil atau pekerjaan-pekerjaan detail tentunya anda cukup familiar dengan mesin yang satu ini. Tuner pada prinsipnya mirip dengan bor dengan rpm yang bervariasi. Ada cukup banyak jenis tuner dipasaran yang masih dipimpin oleh merek Dremel. Tuner berguna untuk membuat detail, menghaluskan atau memoles bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh mesin lain. Pada pembuatan model skala seperti action figur, tuner sangatlah dibutuhkan.

Selain power tool yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi power tools lainnya yang lebih spesifik dan tersedia dalam berbagai merek. Power tools berada pada posisi diantara perkakas manual dan bench tools, dalam beberapa artikel anda mungkin akan menemukan bahwa tipe-tipe tertentu power tool ini juga diklaim pada ranah bench tool dan buat saya yang penting adalah fungsinya.

Lihat Juga : Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat

Tentunya alat dan mesin memiliki fungsi utama untuk membuat pekerjaan kita lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien serta yang perlu kita ingat adalah menggunakan alat sesuai dengan fungsinya memiliki dampat positif dan negatif baik bagi output yang dihasilkan maupun durabilitas alat tersebut. Selain itu dalam penggunaan alat dan mesin-mesin seperti ini, dahulukan keamanan penggunaannya, saya yakin kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh alat-alat dan mesin-mesin sudah tidak sekali atau dua kali saja anda dengar. Pergunakan perlengkapan keamanan seperti sarung tangan, penutup telinga, kaca mata kerja, masker dan sebagainya untuk menghindari kecelakaan fatal menimpa anda.

Sumber : Wikipedia, Wood Work Basic, The Guardian, Pro Tools Reviews, Lee VAlley & Veritas, Consumer Reports, Tool Guyd, Tools in Action, Asyraaf Ahmadi, Argos, Veritas.

Advertisements

3 comments

  1. Pingback: Arm & Hand Robot « Asyraaf Ahmadi

  2. Pingback: Beli bor aja bingung, coba cek ini dulu « Asyraaf Ahmadi

  3. Pingback: Ada banyak tipe gergaji, mana yang harus saya pake?  « Asyraaf Ahmadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s