Arm & Hand Robot

Bagaimana jika semua kegiatan produksi dan permodelan hingga detail, sudah dapat digantikan oleh robot? Yup kenyataan ini tidak dapat kita hindari. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sudah banyak pekerjaan yang dapat di gantikan oleh robot yang secara akurasi dan efisiensi sudah lebih jauh dibandingkan manusia. Fenomena ini tentu memiliki dampak positif dan negatif, disatu sisi teknologi modeling dan produksi dapat membantu manusia mendapatkan hasil yang lebih konsisten, presisi dan lain sebagainya, disisi yang lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sebarannya tidak merata juga membuat masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dengan skill manual semakin lama semakin niece marketnya. Dilema sosial dan teknologi ini mungkin akan tetap jadi masalah dalam perkembangan industri dalam beberapa waktu kedepan, namun dalam masa-masa itu sebaiknya mulai berpikir untuk mengupgrade terus ilmu dan kemampuan kita menyesuaikan dan membuat perubahan pada perkembangan teknologi dimasa yang akan datang.

Lihat Juga : CNC dan Milling bukan untuk orang awam?

Arm Robot, Robotic Arm, Robotic Hand menurut wikipedia merupakan lengan mekanis yang biasanya diprogram untuk suatu jenis pekerjaan dengan fungsi yang menyerupai tangan manusia. Robot ini bisa jadi sebuah gabungan dari mekanisme yang kompleks atau sebaliknya merupakan bagian dari Robot yang lebih kompleks.

Tesla Factory

Pabrik Tesla Model-S

Tangan dan lengan robot dapat di rancang untuk melakukan tugas-tugas yang di inginkan seperti mengelas, memegang, memutar, mengebor dan lain sebagainya. Tesla salah satu produsen mobil listrik yang kini semakin di gandrungi di Amerika memiliki pabrik yang pekerja manusianya sudah sangat minim dan digantikan oleh mesin dan robot-robot yang telah di program, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang high-end bersih dan jauh dari kata human error. SDM yang bekerja disini merupakan sdm yang memiliki keterampilan dalam pemograman dan maintenance.

Lihat Juga : Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat

Hingga kini perkembangan teknologi dan persaingan penjualan yang menyebabkan banyaknya arm robot dan hand robot semakin terjangkau dari segi harga membuka kemungkinan besar penggunaannya di segala sektor termasuk sektor seni dan kerajinan berbagai material. Dengan keluesannya, arm robot dapat membuat benda-benda yang tidak perlu diatur platformnya. Secara garis besar ada beberapa tipe Arm Robot

  1. Gantry Robot/Cartesian Robot. Biasanya digunakan untuk pekerjaan assembly seperti mengambil kemudian meletakkan, mengaplikasikan sealant atau mengelas. terdiri dari 3 sambungan prismatik yang axis nya coincident dengan koordinator Cartesian.
  2. Cylindrical Robot. Robot silindris juga digunakan untuk assembly, handling, spot, gas, dan arc welding. Axis yang digunakan membentuk sistem koordinasi silindris.
  3. Spherical Robot. Arm robot ini digunakan untuk handling permesinan, spot welding hingga diecasting. Axis robot ini menggunakan axis yang membentuk sistem koordinasi polar.
  4. SCARA robot. Robot ini juga digunakan untuk assembly, handling permesinan, pekerjaan mengambil dan meletakkan dengan fitur 2 sambungan putar yang menghasilkan penyesuaian pada bidang datar.
  5. Articulated robot. Robot dengan minimal 3 sambungan yang dapat diputar ini dapat digunakan untuk berbagai tugas mulai dari assembly, diecast, fettling, gas welding dan sebagainya.
  6. Parallel robot. Robot dengan sambungan yang dapat berputar atau concurrent prismatik ini biasanya digunakan pada simulator pesawat.
  7. Anthropomorphic robot. Robot ini dikenal sebagai robot yang me meniru bentuk tangan manusia, memiliki jari dan sambungan seperti lengan.

Salah satu aplikasi dari arm robot adalah kemampuannya untuk di padukan dengan pekerjaan milling. Pekerjaan milling yang familiar dengan kita biasanya dilakukan oleh CNC untuk membuat model, membuat cetakan (mold) atau prototyping. Menggunakan arm robot untuk pekerjaan milling lebih fleksibel, luasan kerja yang lebih besar, berbagai material dan harganya bahkan banyak yang lebih murah dibandingkan CNC.

Carving.jpg

Pembuatan patung oleh Arm Robot 6 Axis

Pada tahun 2015 seperti yang dimuat pada majalah Make, salah satu produsen arm robot Haddington Dymanics mengeluarkan arm robot 5 axis dengan harga $2000 saja atau setara dengan Rp 27.000.000. Bahkan untuk saat ini di ebay anda dapat menemukan berbagai arm robot untuk pekerjaan berat dibawah $2000 walaupun dengan kondisi bekas.

Lihat Juga : Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools

Perkembangan teknologi sering kali membuat kita terpana sedemikian rupa, namun bagi saya secara personal, setiap kemajuan tersebut membuka peluang baru untuk menciptakan karya yang lebih baik walaupun saat ini barangkali prioritas kita untuk penggunaannya masih belum sampai kesana. Bagaimana dengan anda?

Sumber : Wikipedia, Selwy, Vice, Robotic Wood Craft, Robots, Make, Kickstarter, Artem, Robohub, Asyraaf Ahmadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s