CNC dan Milling bukan untuk orang awam?

Bahkan jika anda punya background sebagai anak teknik sekalipun, mendengan nama CNC dan Milling masih banyak yang langsung terbayang harga atau biaya yang dikeluarkan untuk mempergunakan jasanya. Apakah mengoperasikan dan atau berinvestasi pada CNC se menakutkan itu?

Pertama terlebih dahulu kita lihat kondisi sebaliknya. Industri terutama manufakturing yang tidak bisa kita sebut minoritas, perusahaan yang bergerak dibidang CNC dan Milling tentunya, serta bagi para pekerja kreatif terutama yang berada di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya atau bali kebanyakan sudah awam memesan produk yang dihasilkan dari laser Cutting yang pada dasarnya juga termasuk CNC. Kita mungkin perlu menyisihkan seberapa familiarnya negara-negara maju dengan mesin-mesin ini, tapi kita perlu mengejar ketertinggalan tersebut.

Lihat juga : Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat

CNC merupakan  akronim dari Computer Numeric Control, yang bisa kita defenisikan dengan alat yang dikendalikan oleh komputer berdasarkan environment software tertentu seperti ilustrasi dibawah ini :

From Computer to CNC

Dari environment komputer ke mesin

Ujung mata cnc, laser, air, wire dll pada prinsipnya bergerak sesuai mengikuti model yang terdapat didalam software CAD yang digunakan oleh operator. Misal CNC dengan 2 axis X dan Y mengikuti kurva X dan Y pada software yang di kompter, CNC dengan 3 axis atau lebih bergerak mengikuti titik melalui bentuk didalam environment x,y,z yang ada di softwarenya.

Jika prinsip tersebut sudah dapat anda pahami maka kita kembali kepersoalan biaya, apakah CNC itu mahal? Saya tidak akan bilang CNC itu murah, tapi CNC untuk pekerjaan kayu yang ada dipasaran Indonesia dapat anda miliki mulai dari harga belasan juta rupiah, bahkan diberbagai website termasuk youtube banyak yang mengklaim dapat memberikan anda tutorial untuk membuat CNC sendiri dengan biaya dibawah sepuluh juta rupiah. Harga produk CNC biasanya dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Jenis material yang mampu diolahnya. CNC Milling untuk baja harganya bisa mencapai millyaran sedang CNC untuk milling kayu bisa jauh lebih murah.
  2. Kepresisian. Saat bekerja motor yang menggerakkan CNC bergetar sedemikian rupa, getaran ini mempengaruhi kesamaan titik yang dibaca pada software dengan titik yang berada pada ujung mata bit di CNC, perubahan atau delay ini diukur menjadi bentuk kepresisian. Getaran motor itu sendiri, kekuatan Jig, software pembaca gerakan environment di komputernya, PCB dan lainnya punya pengaruh dalam kepresisian CNC. Semakin presisi sebuat CNC semakin mahal harganya.
  3. Platform atau ukuran bidang kerja. Logikanya semakin besar bidang kerja yang diolah oleh CNC maka berbagai komponen pada mesin tersebut harus dapat mendukung ruang kerja tersebut.
  4. Layanan purna jual. Seperti berbagai produk lainnya, layanan purna jual sering menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk, berkaitan dengan maintenance dan komponen didalam produknya.
  5. Lain-lain. Kekuatan dan kualitas mesin seperti motor stepper, motor, kelistrikan dan lain sebagainya juga punya pengaruh yang besar menentukan harga CNC.

Jadi apa pengaruhnya pada bisnis atau perusahaan saya jika saya menggunakan CNC? berikut beberapa alasannya :

CNC wood

Durabilitas Pekerjaan

Manusia dan robot tentunya berbeda dari berbagai hal, dalam hal ini mesin bisa bekerja lebih lama dibandingkan dengan manusia. Jika ukiran seperti di ilustrasi diatas dikerjakan oleh manusia mungkin akan membutuhkan beberapa kali waktu istirahat, sedangkan mesin perlu maintenance, adjustment dsb yang lebih efisien dari pada manusia.

Lihat juga : Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya!

Simultan

Pengerjaan Simultan

CNC dapat menghasilkan pekerjaan yang konsisten bahkan kini sudah banyak mesin CNC yang dapat mengerjakan beberapa produk secara simultan. Konsistensi ini baik dalam bentuk maupun kualitasnya.

Manajemen manusia

Manajemen SDM

Salah satu yang tidak dapat dipungkiri penggunaan mesin dapat mereduksi penggunaan SDM dan berbagai masalah yang ditimbulkannya. Hal ini punya dampak positif dan negatif, pertimbangan tersebut sebaiknya dilakukan sebelum memutuskan menggunakan atau berinvestasi pada mesn CNC juga.

Lihat Juga : Alat manual apa saja yang kamu butuhkan buat jadi tukang kayu?

Dengan perkembangan saat ini penggunaan CNC sebaiknya semakin familiar di masyarakat kita karna bagi saya secara subjektif memberikan dampak yang positif dalam menghasilkan produk yang ingin dihasilkan begitu pula bagi para desainer atau maker lainnya, apalagi dengan semakin dekatnya manusia dengan penggunaan komputer dalam menghasilkan karya-karyanya.

Sumber : Yohan 46, Formulasi, CNC Simulasi, Dunia Permesinan, Tekno Story, Heri Kasni Tahar, Toko Mesin Bubut, Resa Putra Botti, Asyraaf Ahmadi

Advertisements

3 comments

  1. Pingback: Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya! « Asyraaf Ahmadi

  2. Pingback: Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools « Asyraaf Ahmadi

  3. Pingback: Arm & Hand Robot « Asyraaf Ahmadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s