Alat manual apa saja yang kamu butuhkan buat jadi tukang kayu?

Pisau, palu, tang, obeng, gergaji dan banyak lagi alat, perkakas manual atau hand tools sudah merupakan bagian dari kehidupan kita walaupun kita tidak berprofesi sebagai perajin. Terutama dirumah alat-alat tersebut perlu ada mengatasi kerusakan tertentu di sewaktu-waktu. Terlebih bagi perajin, bengkel bahkan industri, perkakas tersebut wajib hukumnya untuk dimiliki. Tidak perlu listrik, mudah dipahami dan mudah digunakan, bahkan sebagian untuk survival di hutan.

Salah satu karakter yang unik dari para perajin di Indonesia adalah menggunakan seminimal mungkin alat untul mengerjakan banyak tipe pekerjaan. Misalnya menggunakan satu tipe gergaji saja untuk berbagai macam pemotongan atau menggunakan satu jenis pisau saja untuk modeling kayu dan sebagai nya, tentu saja bukan dengan tujuan menjeneralisir perajin, tapi tidak sedikit yang saya temukan demikian.

Lihat : Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya!

Berbeda dengan kita, pengembangan perkakas manual di Eropa, Amerika atau Jepang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karna permintaan terhadap percepatan dan detail pekerjaan yang semakin tinggi dari waktu kewaktu. Perkakas yang lebih spesifik dapat membantu konsistensi dari tiap pekerjaan dan efisiensi pekerjaan itu sendiri. Semakin berkembang intelektual dan referensi visual serta imajinasi mereka, semakin kompleks pula kebutuhan perkakasnya. Development perkakas yang spesifik juga membuka peluang baru bagi perkembangan desain dan pengetahuan itu sendiri.

Dalam artikel ini saya akan menjabarkan beberapa turunan dari perkakas manual yang digunakan  pada pertukangan kayu sehingga dapat dijadikan referensi baik bagi anda yang berprofesi sebagai perajin, atau pengusaha yang ingin atau sudah bergelut dibidang perkayuan :

Manual Tools-01

  1. Gergaji. Gergaji merupakan alat potong yang sangat dibutuhkan dalam pertukangan. Gergaji yang tepat dapat membantu perajin atau tukang mendapatkan potongan yang halus dan presisi. Gergaji belah dan potong wajib dimiliki di workshop manapun, sedangkan untuk pekerjaan yang lebih spesifik tersedia berbagai jenis gergaji yang lain.
  2. Palu. Sebagaimana kita ketahui, palu biasanya digunakan untuk memasukkan paku kedalam kayu, namun selain itu palu yang merupakan alat yang serbaguna juga sering digunakan untuk hal lain, seperti memecahkan batu dan sebagainya dalam pekerjaan pertukangan. Selain palu yang terbuat dari besi cor, palu dari kayu dan kayu dari karet juga termasuk palu yang penting dimiliki tukang kayu, untuk memahat atau pengatur posisi kayu agar tidak merusak kayu itu sendiri.
  3. Kapak. Selain untuk membelah atau memotong kayu, kapak juga sering digunakan untuk mendapatkan bentuk dasar kayu sebelum dibentuk menjadi kerajinan yang lebih detail untuk karya-karya dengan ukuran yang besar.  
  4. Ketam. Serut atau rautan sebutan lain yang sering kita dengar untuk alat ini merupakan alat yang digunakan baik untuk mendapatkan ukuran kayu tertentu, membuat profil maupun menghaluskan permukaaan kayu yang sulit didapatkan dengan menggunakan ketam mesin.
  5. Tang. Bahkan di industri besar sekalipun, tang merupakan hand tool yang tidak mungkin dipisahkan dari pekerjaan teknik, termasuk perkayuan. Berbentuk seperti buaya dan memiliki banyak jenis, tang memiliki fungsi sebagai pemotong maupun penjepit dalam satu gigitan.
  6. Obeng. Obeng kembang, atau obeng plus maupun obeng minus berfungsi sebagai pengencang skrup. Mengikuti banyaknya ragam skrup, obeng tersedia dalam banyak sekali jenis.
  7. Parang. Baik untuk mencincang, menebas, mencatuk atau memotong, parang merupakan alat serbaguna yang harus ada di bengkel perkayuan. Secara berurutan setelah kapak, parang memiliki efisiensi yang baik untuk menebang kayu, atau mendapatkan area tebasan yang lebih luas.
  8. Pahat. Selain untuk membuat ukiran, pahat juga merupakan alat utama untuk membuat sambungan kayu, seperti dovetail, dado, rabbet, finger joint dsb. Berteman dengan palu, pahat bertujuan untuk mendapatkan hasil rautan dengan ukuran dan arah tertentu.
  9. Amplas. Sebelum kayu di finishing, permukaan kayu perlu diperhalus agar halus dan menghasilkan pekerjaan yang maksimal dengan menggunakan amplas. Atau bahkan dapat dipergunakan membongkar hasil finishing yang ingin dimodifikasi.
  10. Penggaris. Penggaris siku maupun penggaris biasa merupakan teman setia dari gergaji dalam mengejar kepresisian pekerjaan perkayuan. Penggaris tidak hanya digunakan pada kayu lapis tentunya untuk mendapatkan konsistensi maupun detail yang baik.
  11. Meteran. Penggaris yang biasanya terbatas hingga ukuran 1 meter dapat di bantu dengan meteran untuk mendapatkan ukuran-ukuran dasar.
  12. Kuas. Kuas dipergunakan baik untuk mengoleskan material finishing pada permukaan, membersihkan debu pada alat dan permukaan sebelum di oles material finisihing maupun mengoleskan lem.
  13. Batu Asahan. Batu asahan digunakan untuk mempertajam permukaan pisau, mata pahat, mata ketam, maupun parang agar dapat selalu dalam kondisi optimal ketajamannya.
  14. Kikir. Kikir dipergunakan sebagai penajam mata gergaji, beberapa jenis kikir juga dipergunakan untuk menghaluskan permukaan yang sulit dijangkau dengan amplas pada kayu seperti lobang tenon.

Alat-alat yang disebutkan tadi merupakan alat-alat yang umum bagi tukang maupun perajin kayu, semakin bertambahnya kebutuhan bentuk, kepresisian, konsistensi, kesempuranaan dan kecepatan pengerjaan, alat-alat yang lebih spesifik dan turunan dari alat-alat yang telah disebutkan diatas ada lebih banyak lagi. Bagaimana menurut anda, apakah ada yang terlewatkan?

Selamat berkarya.

Sumber : Pixabay, Pngmart, Wonkee Donkee Tools, Cool Clips, Lumber JocksAsyraaf Ahmadi, Verdant

Advertisements

4 comments

  1. Pingback: Bench tools, produksi 2 langkah lebih cepat « Asyraaf Ahmadi

  2. Pingback: CNC dan Milling bukan untuk orang awam? « Asyraaf Ahmadi

  3. Pingback: Perkakas itu ternyata banyak banget jenisnya! « Asyraaf Ahmadi

  4. Pingback: Mempercepat dan mempermudah pekerjaan dengan Power Tools « Asyraaf Ahmadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s