Sebagian Steering Comittee, Mentor dan Peserta IKKON

IKKON – Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara

Desain merupakan kegiatan yang pada hakikatnya harus berintegrasi dengan banyak komponen. Produk yang dihasilkan desainer sejatinya hadir dari riset dan pengembangan yang matang yang pada akhirnya mampu menjawab kebutuhan pasar. Pada ranah nasional dan aplikasinya dalam meningkatkan daya saing produk berbasis budaya Skenario tersebut berlangsung karena kontribusi berbagai resource.

Atas dasar kesadaran tersebut BEKRAF dipimpin oleh ibu Poppy Savitri, Direktur Edukasi pada Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan menyelenggarakan IKKON 2016

Program yang diselenggarakan beberapa bulan ini menempatkan desainer, antropolog hingga dokumentator yang bekerja sama dengan 5 pemerintah daerah di Indonesia untuk mengembangkan dan mempublikasikan produk hasil kolaborasi tim yang ditempatkan oleh BEKRAF tersebut dengan masyarakat dan pengrajin setempat.
Program ini dimulai dengan pembekalan yang komprehensif oleh Pemateri dari berbagai spesialisasi bagi tim-tim sebelum dikirim ke daerah-daerah tersebut hingga pameran yang akan diselenggarakan di daerah hingga internasional.

“Tantangan tim-tim ini cukup berat, dalam waktu yang terbatas mereka harus benar-benar mampu Men decode artefak kebudayaan lokal dari daerah tersebut kemudian me-re-code nya menjadi produk-produk yang berdaya saing ekspor” kata pak Hastjarjo salah satu Steering Comittee program IKKON ini.

Salah satu keunikan dari program ini adalah mengikut sertakan antroplog didalam tim untuk benar-benar memahami karakteristik dari masyarakat pada daerah yang direncanakan, antropolog memiliki peran penting dalam menggali potensi tersembunyi dari struktur masyarakat dan kearifan lokal untuk kemudian di transformasikan menjadi produk-produk yang kaya akan konsep dan Value. Kemudian produk-produk tersebut juga ditinjau ulang bersama-sama untuk memenuni berbagai kriteria penting dalam rangka memastikan tercapainya goal yang di inginkan.

Daerah-daerah yang akan menjadi tuan rumah program ini meliputi ; Sawahlunto (Sumatra Barat), Pesawaran (Lampung), Lasem-Rembang (Jawa Tengah), Brebes (Jawa Tengah), serta Ngada (Flores). Daerah-daerah tersebut merupakan daerah-daerah yang terkenal akan produk textile nya, kekayaan budaya tersebut diharapkan menjadi salah satu inspirasi penting terhadap pengembangan produk baru yang akan di inisiasi oleh tim-tim yang di terjunkan didaerah tersebut. Agar pengembangan produk ini lebih fokus, Steering Comittee membatasi pengembangan desain pada produk-produk hospitality saja. Produk-produk hospitalitiy akan disinergikan dengan program pariwisata didaerah-daerah tersebut.

Keterangan Program :

Penyelenggara Badan Ekonomi Kreatif – BEKRAF
Deputi Abdur Rohim Boy Berawi
Riset, Edukasi dan Pengembangan
Direktur Poppy Savitri
Steering Comittee Hastjarjo B. Wibowo, Budi Pradono, Felix, Abdi Hasan
Pemateri Dwinita Larasati, Kandi Windoe, Lea Aziz, John Kudos, Tri Anugrah, Yuswohadi, Ari Juliano, Adhi Nugraha, Idham Bachtiar, Arbein Rambey, Rizky Adiwilaga, Tantyo Bangun, Beni Kadar, Eka Sofyan Rizal, Abdi Hasan, Nukman Luthfi, Erie Sudewo, Yusuf Kurniadi
Mentor Lenny Agustin, Asyraaf  Ahmadi, Hagung Kuntjara, Handoko Hendroyono, Arif Budiman
Tim Sawahlunto Sugeng Untung, M. Imam Tobroni, Atria, RR Bunga, Muhammad Alfatha, Evelyn Zhang, Lintang Maraya
Lampung Ratih Mahardika, Gugus Riyono, Chyntia, Febri Ichsan, Indah Amalia, Unira Daranca
Brebes Sylvie Arizkany Salim, Arif PSA, Nadia Mahatmi, Hanny Meiwita, Hanifa, Jowien Tyas N, Yohannes Mauritz, Dika Gusti Nugraha
Rembang Sarah Monica, Anton, Haris Satria, Yayak Suryo B, Alyza Bachmid, Yovitha Adeline, Dinna, Esther Prawira
Ngada Ni Nyoman Sri Ratih, Ika Yulianti, Siti Chadijah, Yoga, Savira LR, Sofia Sari, Dominggo Subandrio,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s