Konsep Kreativitas

Kreatifitas merupakan kemampuan dan tindakan dalam menyediakan solusi yang variatif dan unik untuk memecahkan masalah

Kemampuan dan tindakan sejatinya muncul dari beberapa poin utama seperti;

  1. Knowledge (pengetahuan)
    • Pengetahuan merupakan resource/sumber daya/referensi berfikir merupakan modal dari perspektif. Luasnya pengetahuan menentukan banyak nya input pertimbangan dan opsi yang muncul dalam pembibitan sebuah keputusan. Pengetahuan juga berkontribusi dalam keberanian atas pengambilan keputusan serta habit yang dimiliki personal atau kelompok.
  2. Pengalaman
    • Tindakan yang pernah dilakukan melahirkan pembelajaran yang baik maupun buruk. Hasil tindakan dimasa lalu menjadi referensi atas tindakan yang diambil seseorang dimasa yang akan datang. Meskipun dihadapkan atas keputusan untuk melakukan pengulangan, keadaan dimasa lalu tersebut dapat dijadikan dapat dijadikan patokan kemampuan yang sudah dicapai saat ini.
  3. IQ, EQ dan SQ
    • Secara singkat IQ didefenisikan sebagai kemampuan otak personal, EQ tingkat emosional secara psikis dan SQ atau Spritual sebagai kepercayaan teguh yang dimilikinya
  4. Responsifitas
    • Dalam hal ini responsifitas dikaitkan pada akselerasi berpikir dan bertindak┬ádalam moment yang dihadapi subjek
  5. Fokus
    • Sebuah masalah merupakan koridor dari tepat atau tidaknya opsi yang muncul dalam bentuk kemampuan atau tindakan untuk memecahkannya.
  6. Timing
    • Opsi yang muncul untuk solusi tertentu dapat terapkan pada moment tertentu atau sustain menghadapi rentang waktu tertentu. Pada range waktu tertentu opsi dapat dinilai sebagai kreatifitas, sedangkan pada waktu yang lain, opsi tersebut dapat berubah menjadi pembanding dari perspektif positif, kadaluarsa atau duplikasi dalam bentuk klaim dalam koridor negatif.

Poin-poin tersebut pada dasarnya bisa dimulai dari wacana, namun wacana tersebut baru dapat dikatakan kreatif bilamana terjadi implementasi. Wacana dalam bentuk imajinasi yang tidak terpublikasikan baik secara verbal atau tindakan tidak dapat diukur sebagai tindak kreatif bilamana orang lain tidak dapat menilainya. Penilaian terhadap kreatifitas baru dapat dilakukan bila orang lain memberikan pernyataan terhadap orang yang dinilai kreatif, sedangkan skalanya muncul akibat impact dan penilaian kelompok penilai yang lebih luas.

3 thoughts on “Konsep Kreativitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s