IMG_2937

Workshop Desain Produk, Kemasan dan Fashion

This slideshow requires JavaScript.

Pengembangan Desain Produk dan Kerajinan Indonesia membutuhkan kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Masih banyak hal yang harus dikerjakan agar produk-produk Indonesia mendapat tempat yang layak di negrinya sendiri dan internasional.

Topik berulang tentang kayanya sumber daya yang dimiliki Indonesia tidak semena-mena menjadi motivasi untuk melestarikan budaya tersebut, dibutuhkan peran serta berbagai pihak agar tujuan mulia yang kita inginkan terwujud. Kunci penting dari keberhasilan tersebut terletak pada pengetahuan, kesadaran dan motivasi yang kokoh merasuki sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Semua potensi itu harus di gali, dilestarikan, di manage serta dipublikasikan dengan baik.

BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif yang berusaha memupuk dan menyebarluaskan kesadaran berkreasi membuat berbagai program agar tujuan tersebut tercapai. Salah satunya dengan mengadakan workshop diberbagai daerah Indonesia untuk memperkaya pengetahuan peserta yang terdiri dari berbagai lapisan tentang pentingya kreatifitas sebagai modal memenangkan kompetisi ekonomi global. Salah satunya adalah workshop Desain Produk yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan ini.

Workshop dan seminar singkat ini menjadi kesempatan bagi pembicara untuk menceritakan pengalamannya secara langsung tentang tantangan serta solusi yang digunakannya dalam menghadapi persaingan global. Peserta yang terdiri dari komunitas pengusaha kerajinan, pemerintah dan institusi pendidikan mendapatkan pencerahan tentang bagaimana cara mengembangkan desain produk kerajinan dan fashion selain itu juga tercipta interaksi yang positif antara peserta dan pembicara dalam membicarakan integrasi yang harus terjalin antar berbagai lapisan masyarakat.

Kegiatan positif ini merupakan awal yang baik dan menjadi benchmarking untuk tahap aplikasi pengembangan perekonomian nasional. Pengusaha, Institusi Pendidikan, Desainer dan Pemerintah yang terintegrasi dengan maksimal akan menumbuhkan kreator dan produsen-produsen produk kreatif yang mampu menembus pasar yang lebih luas.

Progress dari kerjasama yang terpantau dan selalu dievaluasi agar terjadi peningkatan mutu dan hasilnya perlu terus dilakukan agar Indonesia menjadi bangsa yang bukan hanya menjadi konsumen produk-produk yang import yang membanjiri pasar nasional, tapi juga ikut memiliki andil besar bersaing dengan kompetitif menyongsong pengembalian marwah bangsanya sebagai bangsa yang memiliki kepatutan dalam berkontribusi membuat dunia lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s