SAMSUNG CAMERA PICTURES

Belajar dari Thailand

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Holiday in Thailand

Tidak seperti yang kami bayangkan sebelumnya Bangkok – Thailand ternyata memiliki pesona yang cukup signifikan dibandingkan Indonesia. Pertama kali mendarat di Bandara Don Muang, tempat tersebut terasa seperti China dengan aksara yang sama sekali tidak kami mengerti. Namun yang membuat kita mulai tersadar ada perbedaan besar dengan bangsa kita adalah attitude.

Melaui jendela taxi dari bandara kami melihat suasana kota yang bersih dan rapih, kemacetan-kemacetan yang dapat ditolerir karna memang kendaraan-kendaraan tersebut mengantri dilampu merah dengan disiplin serta supir taxi yang menggunakan iPhone.

Hotel yang kami pilih bukanlah hotel kelas menengah atau bahkan kelas atas, terdapat kekurangan disana-sini, namun benar-benar dapat dinikmati. Hotel juga menyediakan kendaraan listrik sejenis mobil golf untuk mengantar para tamu ke tempat-tempat yang terjangkau dari lingkungan hotel hingga stasion MRT terdekat.

Hampir menyerupai Jakarta, Seven Eleven merupakan convinience store yang membanjiri Bangkok namun dengan customer yang dipastikan berbaris dengan rapih saat membayar belanjaannya.

Dipagi hari kita dapat menikmati berbagai jajanan pasar dipasar tradisional yang sangat tertata, meskipun kelas warung bahkan kaki lima sekalipun barang dagangan di tata dengan sangat rapih, dan masing-masing menyediakan tempat sampah didekat tempat mereka jualan dan hampir tidak ditemui sampah disekitarnya.

MRT (Mass Rapid Transport), BST (Bangkok Sky Train), Bus, Tuk-tuk, Taxi dan Ojek merupakan moda transportasi umum yang dapat kita temui disana, selain itu di sungai juga terdapat kapal-kapal penumpang. Jika kita lihat transportasi umum tersebut sebenarnya tidak dapat kita bilang modern, bahkan bisa dikatakan sudah banyak yang berumur, namun menyangkut kebersihan, keamanan dan kedisiplinan kita tidak bisa tidak mengacungkan jempol. Anda akan sulit menemukan sampah di bus-bus setua bus kopaja disana, apalagi di moda transportasi modern mereka yaitu MRT dan BST. Orang-orang mengantri bahkan untuk Ojek. Kendaraan-kendaraan pribadi jumlahnya sangat dibatasi dan semua orang terlihat menghormati semua orang. Saat kami di Bangkok beberapa hari, kami hanya mendengar satu kali suara klakson.

Dari segi pariwisata ada banyak sekali yang dapat kita nikmati di Bangkok yang seperti Jakarta merupakan Ibu Kota negara. Ada banyak sekali jumlah kuil-kuil yang dibuka untuk umum dan dinikmati sebagai destinasi wisata, wisatawan pun dapat menikmati wisata belanja di mall-mall yang apik dan bersih, salah satunya adalah MBK. MBK seperti tanah abang atau pasar baru jika di Indonesia, berbagai barang dagangan memenuhi tempat tersebut, pedagangnya pun berasal dari berbagai negara namun ditata dengan baik, tanpa sampah dan memberikan keramah tamahan yang luar biasa.

Saat anda di Bangkok salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan adalah menonton pertandingan Muay Thai, atau Kick Boxing ala Thailand. Pertarungan dapat berlangsung berdarah-darah namun adegan pertarungan ini lebih merupakan budaya bagi mereka, dan budaya tersebut seperti tarian atau bahkan ibadah yang mereka lakukan bukan berdasarkan emosi tetapi adegan fisik yang mereka nikmati dan lestarikan.

Selain itu, BACC dan TCDC juga dapat anda jadikan destinasi wisata dimana anda bisa melihat perkembangan pesat kesenian dan desain-desain Thailand yang modern dan kontemporer, jika anda seniman maupun desainer, anda akan melihat kemirisan yang lahir dari komparasi situasi yang anda alami di Indonesia dengan Thailand.

Terakhir salah satu tujuan wisata lain adalah wisata pendidikan, jika di Indonesia kita kekebun binatang kita kebanyakan hanya akan menikmati suguhan binatang yang dikurung yang dilengkapi dengan deskripsi singkat tentang binatang tersebut, namun di Thailand salah satunya di Snake Farm kita disuguhi presentasi yang mengagumkan tentang berbagai jenis ular, asalnya, sifatnya dan lain sebagainya agar bisa kita mengerti dan pahami pengetahuan tentang binatang-binatang tersebut.

Sehingga saya bisa mengambil kesimpulan, bahwa Thailand merupakan salah satu destinasi wisata yang memang sudah layak mendunia dan kita tertinggal sangat jauh, dengan kondisi pengetahuan, kesadaran, politik dan hal-hal kompleks dan komplikasi lainnya yang ada di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Namun rasa pesimis tersebut harus kita singkirkan perlahan dengan berbuat baik dan terbaik untuk bangsa kita, Indonesia. Kita jelas memiliki potensi lebih banyak dari pada yang dimiliki oleh Thailand, tapi kerja keras, pendidikan, determinasi dan attitude adalah kunci utama agar kita dapat mengejar ketertinggalan tersebut.

Hiduplah Indonesia Raya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s