Dokumentasi Pelatihan Dasar Kerajinan Rotan dan Kayu

Desain Produk adalah salah satu solusi dari beberapa solusi yang kita butuhkan agar dapat bersaing ditengah pasar global saat ini terutama MEA (Masyarakat Ekonomi Asia). Dengan desain produk dapat dihasilkan produk-produk yang berorientasikan pasar serta sesuai dengan kaidah-kaidah kebutuhannya. Hal ini bukan hanya berlaku pada produsen-produsen dengan skala manufacturing atau besar, tetapi juga pada produk-produk kerajinan.
Penerapan desain produk pada kerajinan dapat memberikan solusi yang dibutuhkan oleh para pengrajin, perpaduan antara skill dan pengalaman produksi para pengrajin dengan desain yang baik memberikan harapan agar produk hasil kerajinan mempenetrasi pasar didalam dan luar negri.
Pelatihan dasar kerajinan dan furniture rotan di Kalimantan Timur bersama UPTD P3UKM dibawah Desperindagkop (Departemen Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi) merupakan langkah awal yang tepat dari aplikasi solusi yang kita butuhkan dalam kondisi persaingan yang ada saat ini. Dengan pelatihan ini desainer produk dan pengrajin dapat bertukar pikiran dan membukan wawasan para pengrajin bagaimana caranya menentukan pasar yang akan dituju untuk produk-produk yang dihasilkan serta bagaimana menghasilkan produk-produk yang berkualitas dari berbagai hal.
Pendampingan para pengrajin pada pelatihan ini membuktikan bahwa input desain dan integrasi antara desainer produk dan pengrajin dapat menghasilkan wacana produk yang lebih luas dan output yang maksimal dari material yang digunakan yaitu rotan. Pelatihan ini perlu terus digiatkan dan dirancang sedemikan rupa agar memenuhi tahap-tahap tertentu agar tercipta hubungan yang langgeng antara desainer produk dengan pengrajin sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan.
Pelatihan awal ini tentunya membutuhkan berbagai evaluasi yang nantinya dapat mendapatkan kualitas pelatihan yang lebih maksimal dikemudian hari. Beberapa evaluasi tentang pelatihan ini adalah sebagai berikut ;

  1. Koordinasi yang baik dan maksimal baik dari segi materi maupun waktu antara pembuat program pelatihan dengan pemberi materi pelatihan hingga instruktur pelatihannya.
  2. Mengetahui sasaran pelatihan dengan tepat dengan melakukan penelitian dan pendataan sehingga pelatihan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta pelatihan.
  3. Mengetahui dengan tepat permasalahan yang dihadapi oleh para peserta pelatihan sehingga pelatihan dapat menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan oleh para peserta pelatihan.
  4. Mengetahui dengan tepat kapabilitas dan capaian calon peserta pelatihan sehingga dapat dijadikan benchmarking untuk pengembangan yang dilakukan pada pelatihan.
  5. Khususnya pada pelatihan-pelatihan seperti ini, perlu adanya rancangan awal yang diberikan oleh para pelatih dan dikoordinasikan dengan pihak penyelenggara pelatihan sehingga penyediaan kelengkapan yang dibutuhkan saat pelatihan cukup lengkap seperti alat, mesin dan material yang dibutuhkan pada saat pelatihan
  6. Perlu adanya profil para peserta pelatihan dan pemberi pelatihan yang dikompilasikan pada sebuah dokumen untuk interaksi lebih lanjut setelah pelatihan selesai antara kedua-nya.
  7. Perlu adanya koordinasi lebih lanjut antara pemberi pelatihan dengan pelaksana pelatihan tentang tahap selanjutnya tentang pengembangan lebih lanjut setelah program yang dilakukan selesai.

Dengan interaksi, kerjasama serta hubungan yang baik dengan berbagai pihak, tujuan yang diharapkan dari pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah seperti ini tentunya membuat kita dapat melihat masa depan yang lebih baik bagi perkembangan pengetahuan serta motivasi yang berimplikasi pada peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia.

2 thoughts on “Dokumentasi Pelatihan Dasar Kerajinan Rotan dan Kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s