Sarasvati, “Story of Peter”

malam jumat

Sarasvati album launching

Sudah sejak lama sejak saya tidak menenonton live music yang menyuguhkan sebenar-benarnya artis bear dan menghibur secara musikal. Biasanya hanya melihat performence di acara kampus yang walaupun di isi oleh live musik, namun menurut saya bukan disana letak hiburannya, tapi cukup menyenangkan.
hari kamis yang lalu, saya rasa saya mendengarkan kata hati saya untuk ikut temen saya menonton live musik, dia memberi tahu bahwa musik yang akan di suguhkan akan berbeda dari biasanya, dan saya cukup tertarik dari lirik yang diberitahu teman saya tersebut.
hari kamis malam, atau malam jumat tersebut meski pada jadwal yang ditetapkan di bumi sangkuriang pukul 7 malam, acara tersebut diberitahukan akan di tunda setengah jam. kemudian saya mengajak teman saya yang akan pulang ke amerika setelah mengajar di Unpar 2 tahun belakang ini. akhirnya acara dimulai pada pukul 7:45 setelah setiap menukarkan tiket yang di print melalui pendaftran online dengan cap di tangan.
Acara di mulai dengan diisi oleh live musik yang disuguhkan dari galih and friends, musik mereka cukup menghibur, meski saya mengkategorikan musik mereka adalah pop musik, namun dengan cara berbeda galih melantunkan tembangnya dengan add screaming, saya menyukainya, saya rasa saya ingin menciptakan musik yang hampir serupa dengannya.
selanjutnya live musik diteruskan dengan band yang juga menyuguhkan performence yang tidak begitu penting menurut saya, mereka menyebut diri mereka dengan nama 3 pagi, dengan teh dan cookies yang ada dihadapan mereka serta atraksi yang dimiripkan dengan adekan begadang, saya rasa bolehlah jika saya nilai mereka sedikit absurd, dan musiknya terdengar seperti efek rumah kaca bagi saya, meskipun saya tidak begitu menikmatinya, saya rasa cukup pas untuk membuka live musik utama yang akan dibawakan oleh saraswati.
Story of peter, saya rasa saraswati yang menyebut dirinya saravati dalam album yang dia isi dengan 7 lagu tersebut mencoba mengimplikasikan suasana melalui instalasi yang dia coba tampilkan di bumi sangkuriang pada malam itu. lampu yang di pajang ditaman di hiasi pecahan kaca dan boneka kayu yang ditaruh pada kursi merupakan hal yang paling saya ingat disamping, sketsa “peter” yang di taruh di dinding dekat tangga menuju ruangan akustik.
Saraswati yang di temani banyak sekali additional player, termasuk adiknya dan teman saya beserta adiknya sebagai keyboardis. Dengan sofa yang cukup nyaman didepan, Saraswati embawakan beberapa lagu yang menurut saya sedikit pop, meskipun arransementnya di tambahi dengan nuansa techno yang cukup mendominasi.
ada 2 dari tujuh lagu yang mengisi album sarasvati yang menurut saya sangat memiliki karakter, “story of peter” yang menjadi judul album sekaligus menjadi lagu menurut saya cukup enak untuk didengar oleh saya yang terinfluence baik dengan industrial musik, menurut saya lagu “story of peter” terdengar seperti gabungan antara “fantomas” dan imogen heap, agak berlebihan mungkin, namun menurut saya jika diteruskan sarasvati akan memiliki karakter musik yang berbeda dari band yang dahulunya anggotai “homogenic”.
Saya baru mengetahui dari salah seorang teman saya, bahwa “bilur” itu berarti “belur” atau luka dalam, diangkat dari bahasa sunda bilur termasuk pemilihan kata yang cukup menarik buat saya, oleh karna itu saya datang menonton performence musik yang disuguhkan sarasvati. Kata-katanya yang dilantunkan dengan sangat baikpun menjadi salah satu daya pikat bagi saya, pemilihan kata yang tidak konvensional ini menurut saya pekerjaan yang akan membutuhkan tenaga menjadikannya sebuah lagu yang pop dimasyarakat, bahkan untuk segmentasi yang dipilih sarasvati untuk dimasuki, namun dengan demikian, lagu ini mungkin hanya akan dimengerti segelintir orang sehingga, lagu ini bisa jadi lagu yang memorable bagi kalangan tersebut.
overall malam kamis tersebut akhirnya menjadi malam yang cukup menarik bagi saya secara pribadi, wanita saya yang saya tinggal dalam kondisi mengerjakan pesenan gambarnya, malam jumat, bumi sangkuriang, teman-teman, ciumbeluit. kombinasi yang jarang saya temui belakangan diluar kerjaan yang membumbung.

Leave a Reply

